loader

Masuki Era Hybrid Working, Jadi Tantangan Baru Human Resource

August 09, 2021

Hybrid Working, istilah baru yang muncul akibat dari adaptasi kebiasaan baru di tengah kondisi pandemi saat ini rupanya harus mulai siap untuk dihadapi oleh Human Resource. Pandemi sendiri telah mengubah kebiasaan masyarakat, tak terkecuali dalam bekerja.

Setelah konsep bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) menjadi solusi andalan di tengah pembatasan sosial, kali ini perusahaan harus mulai bersiap untuk menerapkan era Hybrid Working.

Apa Itu Hybrid Working?

Model kerja Hybrid merupakan suatu penggabungan antara Work From Home dengan kemampuan perusahaan untuk dapat menyeimbangkan kebutuhan karyawan mulai dari alur kerja, alur komunikasi hingga alat penunjang yang dapat membantu mengoptimalkan pekerjaan.

Tugas para staf Human Resource adalah memastikan semua aspek berjalan dengan optimal dan mereka pun perlu proaktif. Pada Era Hybrid Working diharapkan produktivitas karyawan tetap terjaga meski dengan konsep kerja yang lebih fleksibel. Perusahaan juga bisa meningkatkan kredibilitas, keterikatan serta kepuasan dengan karyawan.

Cara Bekerja Baru di Era Hybrid Working

Sebenarnya, poin penting dalam penerapan kebiasaan kerja di Era Hybrid Working adalah bagaimana perusahaan mampu menciptakan keseimbangan antara bekerja dari rumah dan bekerja dari kantor dengan bantuan teknologi. Disinilah bantuan dari tangan-tangan Humah Resource Development sangat dibutuhkan. Seorang HR harus mampu memahami strategi bisnis ke strategi Sumber Daya Manusia nya. HR juga perlu bertransformasi menjadi berbagai peran, Reactor (enabler), Partner (connector) sampai Anticipator (Designer).

Gambaran Implementasi Hybrid Working

Dalam implementasinya nanti, HRD dan manajemen perusahaan akan merasakan dampak baiknya seperti jadwal kerja atau shift lebih teratur, mengawasi kinerja karyawan secara intensif tanpa ada kesan kurang percaya.

Melihat pandemi yang belum menunjukkan tanda-tanda tren penurunan, sepertiny Hybrid Working akan menjadi era baru di dunia kerja. Bagaimana perusahaan berusaha untuk menjaga kredibilitas dan kinerja karyawan namun tetap mengikuti tren teknologi untuk menjaga keamanan semua pihak.


Related Posts

Mengenal Man Power Planning (MPP) dalam Aktivitas HR
Mengenal Man Power Planning (MPP) dalam Aktivitas HR

Bagi kamu yang punya minat mendalami bidang HR atau yang sekarang disebut Human Capital (HC) maka artikel ini pas untuk kamu baca.

Fungsi Human Resource Management dalam Perusahaan
Fungsi Human Resource Management dalam Perusahaan

Tanpa adanya SDM suatu perusahaan tidak akan bisa berjalan dan berkembang karena SDM merupakan penggerak utama bagi perusahaan.

Talent Mapping, Strategi HR Dapatkan Kandidat yang Tepat Bagi Perusahaan
Talent Mapping, Strategi HR Dapatkan Kandidat yang Tepat Bagi Perusahaan

Talent Mapping adalah sebuah cara untuk mengkategorikan atau mengklasifikasikan kandidat mana yang bertalenta dan memiliki potensi baik untuk bergabung bersama perusahaan. Cara ini dianggap efektif un ...Read More